Harus Segera Tangani, Ini Cara Mengatasi Gejala Stres Berat

Harus Segera Tangani, Ini Cara Mengatasi Gejala Stres Berat

Cara Mengatasi Gejala Stres Berat-(Pixabay/RondellMelling)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Stres menjadi respon tubuh terhadap tekanan psikologis pada seseorang. Jika terus mendapat tekanan dapat menimbulkan gejala stres berat.

Stres berat biasanya terjadi ketika seseorang menghadapi tekanan yang berlebihan. Berbagai faktor seperti masalah keluarga, kehilangan orang terkasih, beban pekerjaan, atau penyakit kronis bisa memicunya. 

Karenanya, kamu perlu tahu cara mengatasi gejala stres berat.

Gejala Stres Berat

Sulit Tidur

 

Kesulitan tidur atau insomnia adalah gejala utama stres berat. Stres memicu respons fight-or-flight dalam tubuh, yang membuat tubuh lebih waspada dan sulit tidur. Selain itu, peningkatan hormon kortisol akibat stres dapat menekan hormon melatonin, yang berfungsi mengatur tidur.

 

Mudah Marah

 

Seseorang yang mengalami stres berat cenderung mudah marah dan jengkel. Tekanan yang dihadapi memengaruhi suasana hati secara keseluruhan, menyebabkan perubahan emosi yang signifikan.

 

Kelelahan

 

Stres berat dapat menyebabkan kelelahan yang serius. Penurunan energi membuat seseorang merasa lemas dan sulit berpikir jernih. Selain itu, kelelahan emosional dapat mengurangi motivasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

 

Perubahan Nafsu Makan

 

Stres berat dapat menyebabkan perubahan drastis dalam nafsu makan, baik penurunan nafsu makan maupun makan berlebihan (stress eating atau emotional eating).

 

Perubahan hormon akibat stres memengaruhi rasa lapar dan kenyang. Jika perubahan ini berlangsung lama, berat badan bisa naik atau turun secara drastis, yang tentu saja memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan.

 

Dengan memahami gejala-gejala stres berat, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi dan mencegah dampak negatifnya pada kesehatan.

 

Penurunan Gairah Seksual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: